Selasa, 19 Juni 2012

HOBI: Marmut, Si Lucu Imut

Marmut (mures monti) yang lucu dan imut (iin solihin)
Marmut (mures monti) itu lucu, imut, dan pastinya bisa dipelihara. Seperti halnya binatang peliharaan, ia bisa mengerti kalau yang empunya menyayanginya. Cara peliharanya juga tak beda jauh dengan kelinci atau hamster. Beda jauh itu kalau dibandingkan dengan pelihara kerbau atau sapi...

Melihat bentuknya sih, hampir bisa dipastikan semua orang rata-rata menyukainya. Minimal tidak merasa jijik atau geli jika harus memelihara ular. Bulunya yang halus dalam balutan warna-warni yang menawan. Ada yang cokelat, hitam, putih, dan sebagainya. Bahkan ada yang memiliki kombinasi warna menawan.

Jenis-jenis marmut cukup beragam, diantaranya adalah American, Peruvian, Abyssinian, Abyruvian, dan hasil persilangan -- yang umumnya jauh lebih keren. Wataknya yang bersahabat, dan sifatnya yang jinak, membuatnya dinyatakan tidak berbahaya jika dipelihara oleh anak kecil. 

Meskipun sesama rodent (hewan pengerat), faktanya marmut dan tikus berbeda. Tikus cenderung lebih jorok, berbahaya, dan tidak bisa dikonsumsi. Sementara marmut sebaliknya. Jika kita pelihara dan dikawinkan, niscaya ia akan memberikan keturunan. Hasil dari 'pertemuan' itu biasanya selang 6 mingguan akan melahirkan anakan antara 3-6 ekor. Bahkan jika induknya sehat bisa lebih dari 6 ekor.

Menyoal makanan marmut, percayalah gampang sekali. Ia tak beda dengan kelinci. Sayuran, rumput, pelet, dedak adalah favoritnya. Bisa juga makanan sehari-hari manusia. Marmut dikenal sebagai binatang pengerat yang menjaga kebersihan. Maka itu, jika marmut dipajang atau dipamerkan nampak lebih indah, seperti paduan kelinci dan hamster.

Selamat berburu marmut...


Bogor, 19 Juni 2012
iin solihin @bakso malang citra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar