Selasa, 12 Juni 2012

BISNIS: Berbisnis di Kawasan Kampus

Jualan di Lingkungan Kampus... Kenapa tidak?





Pernah kuliah? Pernah keliling di suatu kawasan kampus? Pasti dong ada banyak yang jualan. Nah, pernah terpikirkan tidak untuk nyoba-nyoba berjualan atau bisnis kecil-kecilan di kawasan tersebut? Kalau ya, sebetulnya peluangnya cukup besar. Apalagi kalau pernah kuliah.


Kita akan merasakan betapa sulitnya mencari kertas folio bergaris untuk menyelesaikan tugas. Tetapi di lingkungan kampus justru sebaliknya. Kita akan merasakan betapa sulitnya mencari CD-R/W untuk menyimpan dokumen. Tetapi di sekitar kampus banyak dijajakan barang tersebut. Harganya murah-murah pula. Kita juga akan susah menemukan rental komputer di tempat lain. Namun di kawasan kampus banyak bertebaran pebisnis jasa sewa-menyewa komputer.

Peluang 


Sebetulnya berjualan di kawasan kampus tidak hanya yang disebutkan di atas. Masih banyak produk/jasa lainnya. Artinya, peluang untuk berbisnis di kawasan kampus masih terbuka lebar. Jualan makanan, misalnya. Meskipun di dalam area kampus sudah disediakan kantin, tetapi justru peluang terbesar ada di luar area kampus.

Jika di dalam area kampus civitas akademika makan, minum dan membeli sesuatu hanya terbatas pada jam istirahat atau sebelum perkuliahan dimulai. Di luar area kampus malah nyaris terbuka 24 jam. Sebagai contoh, di kawasan kampus Universitas Bina Nusantara, Kemanggisan Jakarta Barat, pebisnis game online, warnet, rental komputer buka dari pagi sampai larut malam. hari Sabtu-Minggu justru paling ramai.

Begitu juga di dekat kampus Universitas Indonesia, Depok. Sampai radius 2 km dari kampus kuning itu banyak pedagang yang konsumennya sebagian besar mahasiswa. Bahkan tak sedikit mereka yang jualan di kantin, memiliki cabang di luar kampus. 

Tak heran ruko, kios, dan sejenis tempat jualan di kawasan itu menjadi tambang emas para pebisnis. Setidaknya bagi pebisnis pemula atau pelaku Bisnis UKM. Harga sewa kios pun tergolong mahal. Berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 20 juta per tahun dengan luas tak sampai 20 meter persegi. Harga sewa bulanan untuk jualan pulsa atau jualan apa saja lebih gila lagi. Pedagang kacamata di kawasan kampus UI, mengaku membayar Rp 700 ribu per bulan untuk sewa tempat di teras sebuah warung makan. Luasnya tak lebih dari dua meter persegi. 

Jualan apa saja? 


Lantas, bisnis apa saja yang kira-kira bisa laku dijajakan di kawasan kampus? Banyak, sangat banyak. Di sektor jasa misalnya. Mulai dari rental komputer, game online, warnet, wartel, rental PS, studio foto, fotokopi, penjilidan, sablon, laundry kiloan, salon, pangkas rambut dan masih banyak lagi. 

Sementara itu, bisnis produk atau barang tak kalah banyaknya. Misalnya jualan bakso, bakmi, nasi, ayam goreng, baju, kaos, pernak-pernik, aseosris, boneka, stiker, alat-tulis, buku, burger, hotdog, roti, kue basah, es krim, aneka jus, minuman, CD R/W kosong, flash disk, kaset, pulsa, asesoris handphone, tanaman hias dan sebagainya.

Sekedar menyebut contoh, di jalan Sawo, tak jauh dari kampus UI, Depok banyak pelaku bisnis menjajakan berbagai barang dan jasa. Di jalan sepanjang 200 meter -- yang membentang dari Margonda hingga Stasiun Kereta UI itu ada sekitar sepuluh pedagang pulsa elektrik maupun pulsa biasa. Omzetnya rata-rata Rp 600 ribu per hari. Suatu Bisnis yang cukup lumayan untuk jualan dengan satu etalase ukuran 1 meteran, cukup ditunggui satu orang, buka dari pukul 07.00 sampai pukul 19.00.

Begitu juga pedagang boneka. Konon omzetnya bisa mencapai Rp 1 juta per hari. Belum lagi warung nasi. Mulai dari kelas warteg, warung tenda penjual pecel lele, sampai sejenis kafe. Dari kemampuannya bertahan dan berekspansi bisa dipastikan bisnis di kawasan kampus ini cukup mengggiurkan. 

Source: http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=1017







1 komentar:

  1. Permisi gan pemilik blog izin bagi bagi info
    okeyprofits.com
    Lakukan modal penyertaan untung puluhan juta
    deposit 100 USD bonus 20 USD,1 USD x Rp.9.000,-
    keuntungan 2% persen perhari dari modal awal kontrak 100 hari
    untuk info lebih lanjut 0821 666 43133 M Rasyid
    Daftar Gratis

    BalasHapus