Kamis, 12 Juli 2012

PRESS RELEASE: 20 Finalis Wirausahawan Muda Indonesia


International Young Creative Entrepreneur (IYCE) Awards 2012-2013
TELAH TERPILIH 20 FINALIS WIRAUSAHAWAN KREATIF MUDA INDONESIA 


 Jakarta, 12 Juli 2012 – Telah terpilih 20 wirausahawan kreatif muda Indonesia untuk memperebutkan posisi juara pada IYCE Awards British Council 2012-2013. Selama empat hari, 11-14 Juli 2012, 20 finalis akan mengikuti proses karantina dan serangkaian kegiatan bertujuan meningkatkan kapasitas dan keterampilan dalam memperluas jaringan usaha mereka. 

Kompetisi IYCE merupakan kompetisi tahunan terbuka bagi wirausahawan muda yang mampu menggabungkan kesuksesan bisnis, pencapaian kreatif, misi sosial, dan antusiasme untuk berkolaborasi secara internasional. Kompetisi ini membuka peluang bagi wirausahawan kreatif muda Indonesia untuk menjajal pasar Inggris yang merupakan pintu gerbang ke Eropa.
 
Tahun ini kompetisi IYCE terbuka untuk dua (2) kategori: Kategori Desain dan Fesyen dan Kategori Film dan Interaktif. Dua kategori ini merepresentasikan industri paling berkembang pesat baik di Inggris dan Indonesia. Dari ratusan aplikasi yang masuk, terlampir 20 nama sebagai finalis IYCE Awards 2012-2013.

Apa yang membedakan IYCE Awards British Council 2012 dari tahun-tahun sebelumnya? Pertama, kesempatan bagi para pemenang untuk mendapatkan pendanaan proyek besar dari Inggris dan/atau Indonesia. Kedua, pengembangan konsep “Malam Kewirausahawan Kreatif.” Lebih dari sekedar wacana mengumumkan pemenang IYCE Awards 2012, acara ini memberikan ruang bagi para finalis untuk speed networking, presentasi, dan berbagi pengalaman dengan para pemenang IYCE sebelumnya dan wirausahawan sukses lainnya. Ketiga, kesempatan bagi para pemenang untuk berkunjung ke Inggris. Tahun 2012, British Council akan mempertemukan YCE Inggris dengan kelompok internasional. Kami membuka akses seluas-luasnya kepada para pemenang untuk berkolaborasi secara internasional. Diharapkan, ini dapat mempercepat hubungan mereka dengan para pelaku industri; para agen di Inggris, mitra dan penanam modal bersama YCE.
 
Melalui kunjungan singkat ke Inggris selama tujuh hari, wirausahawan kreatif muda lainnya dari 27 negara akan berjejaring dengan pemuka industri di Inggris, berpartisipasi dalam kegiatan masterclass eksklusif, dan berkesempatan untuk mempromosikan usaha kreatif mereka dalam festival internasional.
 
Khususnya mulai 2012, British Council menyediakan skema pendanaan atau Seed Funding. Tahun ini, British Council menyediakan pendanaan kepada dua alumni IYCE sukses: Wahyu Aditya dan Yoris Sebastian. Mereka  akan merancang sebuah proyek yang akan membantu menanggulangi masalah sosial dan ekonomi di Indonesia. Diharapkan, kolaborasi mereka dengan seniman terbaik Inggris dapat memberi khasanah baru pada pembangunan kreatif ekonomi negeri ini.

Direktur Program British Council Mark Crossey mengatakan, ”British Council bermitra dengan pemain utama dalam sektor industri kreatif di Indonesia untuk memperluas jangkauannya terhadap generasi penerus, para inovator muda, sekaligus pemuka industri kreatif. Kolaborasi ini diharapkan dapat memungkinkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan sosial di Indonesia sekaligus membantu memperluas jaringan industri ekonomi dan kreatif global.”

Sederet nama besar menjadi perwakilan Dewan Juri IYCE Awards 2012. Diantaranya Direktur Utama Femina Group Svida Alisjahbana, Pemimpin Redaksi Majalah Dewi Ni Luh Sekar, dan perancang busana ternama Indonesia Biyan Wanaatmadja untuk kategori Desain dan Fesyen. Mewakili Kategori Film dan Interaktif sejumlah nama seperti Presiden Direktur Multiply.com Stefan Magdalinski, dan Chief Information Officer PT Telkom Indonesia Indra Utoyo. British Council juga mendatangkan Steve Taylor, pakar kewirausahaan Inggris sebagai juri dan pelatih selama proses karantina. 

Para pemenang IYCE Awards 2012-2013 akan diumumkan pada Awarding Night IYCE Awards 2012 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 14 Juli 2012, mulai pukul 18.45-selesai.(*)


Jakarta, 12 Juli 2012
iin solihin @bakso malang citra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar